Thursday, October 8, 2009

Tanya Andrew #30

Pak Andrew, saya berencana ingin membuka toko HP. Apa saran Bapak agar toko saya bisa memiliki pendapatan yang bagus? Saya menantikan jawaban Bapak. Terima kasih.


Sanjaya


Pak Sanjaya dan pembaca Tribun Timur yang budiman, saat ini ada begitu banyak toko HP yang bermunculan dimana-mana. Hal ini merupakan fenomena yang bagus karena saat ini HP merupakan sebuah life style atau gaya hidup. Dan hampir semua orang menggunakan HP, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar toko Anda bisa menjadi toko yang mempunyai pendapatan yang bagus, antara lain:


Pertama, pastikan lokasi toko Anda merupakan toko yang mudah dijangkau. Jika di berada di mall, pastikan ada tanda-tanda yang mengarahkan orang ke toko Anda. Dengan begitu, ada banyak orang yang akan mengunjungi toko Anda. Lebih banyak jumlah orang yang mengunjungi toko Anda, maka kemungkinan orang yang akan membeli juga semakin bertambah.


Kedua, Anda perlu tahu siapa yang akan menjadi target market atau pasar sasaran Anda. Apakah orang menengah ke atas atau menengah ke bawah. Jika Anda mengetahui hal ini, maka Anda bisa menyiapkan barang-barang dengan harga yang bisa dijangkau oleh pembeli Anda.


Ketiga, pastikan bahwa Anda memiliki ketersediaan barang yang cukup karena jika orang datang dan ternyata apa yang mereka cari tidak ada, maka tentunya mereka akan segera ke toko lain.


Keempat, sedapat mungkin lakukanlah kerja sama promosi dengan produk atau toko lain. Misalnya, jika orang membeli di toko Anda, maka mereka bisa membeli makanan di sebuah rumah makan dengan harga atau diskon khusus. Begitu pula sebaliknya.


Kelima, tambahkanlah variasi produk Anda, misalnya dengan menjual asesoris. Sehingga orang yang membeli HP juga bisa membeli asesoris lainnya.


Keenam, siapkanlah produk dengan tipe yang sedikit lebih mahal. Dengan begitu, omset Anda juga akan meningkat.


Ketujuh, bangunlah nama toko Anda sehingga ketika orang ada di mall tersebut, maka toko Anda adalah toko tujuan atau destination store dari tempat membeli HP.


Kedelapan, pelayanan yang Anda berikan di toko haruslah pelayanan yang prima karena pelayanan bisa menyentuh hati seseorang. Bagaimana cara karyawan Anda menyambut calon customer saat memasuki toko Anda merupakan salah satu kunci apakah orang ingin bertransaksi di toko Anda atau malah keluar ke toko lain.


Mudah-mudahan beberapa tips ini bisa memberi inspirasi bagi pengembangan toko HP Anda.


Akhirnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah karena apapun yang terjadi selalu ada jalan keluarnya. Ingat, kita tidak dilahirkan sebagai orang gagal tetapi sebagai pemenang.

No comments:

Kisah sukses seorang Anak yatim yang membuka 44 cabang nasi rempah di seluruh indonesia

Dilansir dari akun Instagram "faktanyagoogle", baru-baru ini mulai terdengar eksistensi sebuah produk baru yang mengangkat remp...