Thursday, September 10, 2009

Tanya Andrew #18

Pak Andrew, sebelumnya saya berterima kasih banyak. Saya dan teman rencana mau mendirikan usaha warnet. Modalnya sudah ada terus tempatnya juga. Tapi sekarang banyak sekali bermunculan usaha warnet. Tolong apa saya teruskan atau bagaimana. Saya sangat mengharapkan jawaban bapak. Terima kasih.


Asry



Mbak Asry dan pembaca Tribun Timur yang budiman, saat ini dunia kita sedang mengarah ke dunia teknologi informasi. Itulah sebabnya kebutuhan akan internet menjadi semakin besar. Usaha warnet bermunculan dimana-mana sedangkan penggunanya pun semakin bertambah.


Apakah usaha warnetnya perlu diteruskan atau tidak? Saran saya adalah teruskan saja, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa survive dalam bisnis ini, antara lain:


Pertama, perhatikan lokasi dimana Anda akan membuka usaha ini. Kebanyakan pengguna warnet adalah para pelajar dan mahasiswa. Pekerja kantoran juga ada namun saat ini kebanyakan kantor sudah dilengkapi dengan sistem internet, jadi para pekerja kantoran seringkali hanya memanfaatkan jaringan dari kantornya. Karena pengguna warnet kebanyakan para pelajar dan mahasiswa, lokasi yang tepat untuk membuka usaha warnet adalah di daerah kampus.


Kedua, buatlah agar usaha warnet Anda memiliki nilai tambah dibanding dengan usaha warnet yang sudah ada. Misalnya saja dengan memberikan akses yang lebih cepat, tempat yang lebih besar, lebih menarik, lebih sejuk, dan lain-lain. Bisa juga dengan memberikan harga yang lebih murah namun dengan pelayanan yang maksimal.


Ketiga, buatlah membership program atau program keanggotaan karena jika diperhatikan umumnya orang yang datang ke warnet secara reguler adalah orang yang sama. Jika kita bisa memberikan program keanggotaan, misalnya saja jika menjadi anggota dari warnet kita maka dengan menunjukkan membership card atau kartu anggota mereka bisa mendapatkan diskon di tempat tertentu. Bisa juga dengan program reward, misalnya dengan mendapatkan harga khusus setelah belanja dengan nominal tertentu. Bisa juga dengan memberikan program-program lainnya, misalnya setiap bermain 10 jam akan mendapatkan gratis 1 jam.

Keempat, bekerjasamalah dengan berbagai komunitas di area Anda karena dengan melakukan hal tersebut, Anda lebih mudah untuk memperkenalkan usaha warnet Anda kepada masyarakat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan customer secara lebih cepat.


Kelima, saat melakukan launching, usahakan Anda membuatnya cukup fantastis sehingga bisa menjadi buah bibir dan melahirkan word of mouth bagi orang-orang di sekitar Anda maupun calon customer Anda.


Akhirnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah karena apapun yang terjadi selalu ada jalan keluarnya. Ingat, kita tidak dilahirkan sebagai orang gagal tetapi sebagai pemenang.

No comments:

Kisah sukses seorang Anak yatim yang membuka 44 cabang nasi rempah di seluruh indonesia

Dilansir dari akun Instagram "faktanyagoogle", baru-baru ini mulai terdengar eksistensi sebuah produk baru yang mengangkat remp...