Tuesday, September 8, 2009

Tanya Andrew #15

Saya seorang wirausaha yang masih baru dan belum berpengalaman. Saya ingin memiliki manajemen yang baik buat perusahaan saya. Hal-hal apa saja yang harus saya lakukan agar perusahaan saya baik dan bisa berkembang? Mohon saran dari Pak Andrew. Terima kasih.

Yusri

Pak Yusri dan pembaca Tribun Timur yang budiman, untuk memiliki manajemen yang baik dalam sebuah bisnis, tentunya ada begitu banyak langkah yang harus dilakukan, dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sayangnya, Pak Yusri tidak menyebutkan bisnis apa yang sedang dijalankannya. Namun untuk langkah awalnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

Pertama, kita harus memiliki visi yang jelas terhadap bisnis tersebut. Visi adalah arah dan tujuan dari perusahaan. Jika kita sendiri masih belum memiliki visi yang jelas terhadap apa yang sedang kita jalankan, bagaimana kita bisa membangun manajemen yang baik? Tentunya sangat sulit.

Jadi, tentukan dulu visi Anda terhadap bisnis yang sedang dijalani. Buatlah secara tertulis sehingga staf dan karyawan Anda tahu kemana arah dan tujuan dari perusahaan Anda.

Kedua, milikilah sumber daya manusia (SDM) atau orang yang tepat dan bukan hanya orang yang baik saja.

Jika kita ingin memiliki manajemen perusahaan yang bisa diandalkan, merekrut orang-orang yang baik saja tidak cukup, tetapi juga harus merekrut orang-orang yang tepat. Contohnya, jangan orang yang tidak suka berhubungan dengan orang dan kaku dijadikan orang sales, customer service atau frontliner. Begitu juga sebaliknya, orang yang sangat suka ngobrol dengan orang seringkali cenderung memiliki kemampuan administrasi yang kurang rapi, pelupa dan cenderung kurang teliti.

Jadi, sekiranya Pak Yusri ataupun pembaca Tribun Timur lainnya ingin mengetahui apakah tim kerjanya adalah orang-orang yang sudah tepat dibidangnya atau tidak, silakan menghubungi kami.

Ketiga, sebuah manajemen yang baik perlu tahu bagaimana menggairahkan tim kerja dan anak buahnya agar mereka bisa bekerja dan meraih prestasi.

Jika anak buah kita bergairah, maka kesulitan tidak akan dilihat sebagai beban, tetapi sebagai sebuah tantangan untuk meraih prestasi-prestasi berikutnya. Jika mereka bergairah, maka kita akan lebih mudah mengarahkan mereka tanpa harus dipaksa, dan mereka pun akan melakukannya dengan senang hati.

Keempat, punishment and reward perlu menjadi bagian penting dalam perusahaan yang penilaiannya setransparan mungkin.

Tujuan dari punishment and reward adalah untuk membedakan antara orang yang berprestasi dan yang tidak. Jika orang yang berprestasi tidak diberi reward, maka suatu saat orang tersebut tidak akan berprestasi lagi.

Punishment and reward yang tepat akan menolong anak buah kita untuk terus maju. Jangan menjadikan orang pintar dan bodoh sama saja. Jangan sampai orang rajin dan malas memiliki penilaian yang sama. Di zaman seperti ini, semua orang dinilai dari prestasi kerjanya dan bukan hanya karena dekat dengan bos.

Masih ada banyak hal-hal lain yang perlu dilakukan untuk menjadikan manajemen perusahaan Anda semakin baik, namun tentunya tidak semuanya bisa saya tuliskan di kolom ini. Semoga tulisan ini memberi inspirasi buat kita semua.

Akhirnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah karena apapun yang terjadi, selalu ada jalan keluarnya. Ingat, kita tidak dilahirkan sebagai orang gagal tetapi sebagai pemenang.

No comments:

Kisah sukses seorang Anak yatim yang membuka 44 cabang nasi rempah di seluruh indonesia

Dilansir dari akun Instagram "faktanyagoogle", baru-baru ini mulai terdengar eksistensi sebuah produk baru yang mengangkat remp...