Bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin Anda
lebih mengenal “Kripik Setan” Maicih. Ya, Reza Nurhilman
adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas
yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada pertengahan
2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Untuk
bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.
Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan
pemasaran sederhana, yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum
mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah
Jenderal agar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal
ini memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.
Pemuda
kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak
pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan
penjual sehingga membuat produknya eksklusif. Melalui Twitter, para
jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran
yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya.
Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan.
Angka yang fantastis, bukan?
Sumber: https://www.cermati.com/artikel/8-kisah-inspiratif-pengusaha-sukses-indonesia
No comments:
Post a Comment