Pak Andrew Nugraha,Saya ingin bertanya, bagaimana caranya menghadapi customer yang sulit dan menjengkelkan?
- Sardi
Salam Spektakuler!!!
Pak Sardi dan sahabat spektakulis. Ada kalanya kita menghadapi customer yang sulit di berbagai situasi yang tidak dapat dihindari. Berikut ini beberapa tips bagaimana bersikap menghadapi customer tipe seperti itu :Pertama, tetaplah respek saat menghadapi customer yang menjengkelkan.
Jangan menunjukkan sikap tidak senang anda terhadap customer tersebut. Cermati dengan seksama apa penyebab kejengkelannya. Jadilah pendengar yang baik.Kedua, berempatilah pada masalah yang customer Anda sedang hadapi.
Dengarkan keluh kesahnya dan jangan memotong pembicaraannya atau beradu argument. Berdirilah di pihaknya, maka sedikit-demi sedikit ketegangan tersebut akan mencair.Ketiga, ambillah tindakan cepat dan mengkonfirmasi perkembangan yang terjadi.
Jangan berdiam diri berharap semua akan terselesaikan dengan sendirinya. Tangani keluhan customer anda dan konfirmasi kendala-kendala apa yang ada.
Artikel ini
juga bisa Anda baca di Harian Tribun Timur Makassar, Harian Surya
Surabaya, Harian Tribun Jogja, Harian Tribun Jateng & Harian Tribun
Pontianak. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar karir, bisnis dan
keuangan kirimkan pertanyaan Anda melalui email ke tanya@andrewnugraha.com
No comments:
Post a Comment