Tuesday, September 15, 2015

Bagaimana Mengahadapi Pelanggan Yang Menjengkelkan

Pak Andrew Nugraha,Saya ingin bertanya, bagaimana caranya menghadapi customer yang sulit dan menjengkelkan?
- Sardi

Salam Spektakuler!!!

Pak Sardi dan sahabat spektakulis. Ada kalanya kita menghadapi customer yang sulit di berbagai situasi yang tidak dapat dihindari. Berikut ini beberapa tips bagaimana bersikap menghadapi customer tipe seperti itu :

Pertama, tetaplah respek saat menghadapi customer yang menjengkelkan.

Jangan menunjukkan sikap tidak senang anda terhadap customer tersebut. Cermati dengan seksama apa penyebab kejengkelannya. Jadilah pendengar yang baik.

Kedua, berempatilah pada masalah yang customer Anda sedang hadapi.

Dengarkan keluh kesahnya dan jangan memotong pembicaraannya atau beradu argument. Berdirilah di pihaknya, maka sedikit-demi sedikit ketegangan tersebut akan mencair.

Ketiga, ambillah tindakan cepat dan mengkonfirmasi perkembangan yang terjadi.

Jangan berdiam diri berharap semua akan terselesaikan dengan sendirinya. Tangani keluhan customer anda dan konfirmasi kendala-kendala apa yang ada.


Artikel ini juga bisa Anda baca di Harian Tribun Timur Makassar, Harian Surya Surabaya, Harian Tribun Jogja, Harian Tribun Jateng & Harian Tribun Pontianak. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar karir, bisnis dan keuangan kirimkan pertanyaan Anda melalui email ke tanya@andrewnugraha.com

No comments:

Kisah sukses seorang Anak yatim yang membuka 44 cabang nasi rempah di seluruh indonesia

Dilansir dari akun Instagram "faktanyagoogle", baru-baru ini mulai terdengar eksistensi sebuah produk baru yang mengangkat remp...