Monday, November 2, 2009

Tanya Andrew #42

Saya mempunyai usaha rumah makan kecil-kecilan. Saya sudah menjalankan usaha ini selama kurang lebih 8 tahun tapi menurut saya hasilnya belum maksimal. Income yang saya dapatkan setiap hari sebenarnya masih bisa ditingkatkan. Saya yakin masakan kami juga tidak kalah dengan rumah makan lainnya. Suasananya nyaman dan bersih. Saya sudah coba untuk banting harga, tetapi juga belum maksimal. Menurut Pak Andrew, apa yang harus saya lakukan? Mohon saran Bapak. Terima kasih.


Rudy


Pak Rudy dan pembaca Tribun Timur, sekedar memiliki rumah makan yang menyajikan masakan yang enak, harga yang terjangkau dan suasana yang nyaman dan bersih belum tentu akan menjadi tempat makan favorit. Pertahankan apa yang telah Anda lakukan selama ini, seperti memasak makan yang lezat serta tempat yang nyaman dan bersih. Namun ada beberapa hal lain yang mungkin terlupakan selama ini, yaitu:


Pertama, Anda perlu beriklan, baik di media cetak atau elektronik ataupun dengan memasang spanduk dan menyebarkan brosur-brosur. Dengan melakukan hal ini, tentunya orang yang tidak tahu dengan rumah makan Anda akan mulai tahu. Yang sudah tahu tapi mungkin lupa atau jarang mengunjungi rumah makan Anda, akan mulai ingat kembali dan mungkin saja mereka akan menyempatkan berkunjung ke rumah makan Anda lagi.


Kedua, dalam iklan yang Anda buat, sedapat mungkin menonjolkan makanan unggulan dan unik yang Anda biasa sajikan. Sebisa mungkin jenis makanan tersebut tidak dimiliki oleh rumah makan lain. Atau jika Anda mempunyai jenis makanan yang sama, mungkin Anda bisa menampilkan nama yang berbeda atau dekorasi makanan yang berbeda.


Ketiga, buatlah program-program promosi. Misalnya, Anda memberi diskon khusus dihari-hari atau jam-jam tertentu. Sedapat mungkin promosi yang Anda lakukan bukan promosi setengah hati, tetapi promosi yang cukup fantastis sehingga orang menjadi tertarik untuk mengambil bagian dalam promosi tersebut. Bisa juga program membership atau reward point, seperti setiap belanja nilai tertentu mendapatkan hadiah. Atau misalnya pembelian kedua akan mendapatkan diskon 50%. Ada banyak cara melakukan program promosi.


Keempat, sponsorilah event-event atau kegiatan-kegiatan tertentu. Misalnya, jika ada acara dari perkumpulan ataukah pertandingan, atau acara dari sekolah atau kampus, atau acara apa saja yang pengunjungnya juga merupakan target market atau orang yang bisa membeli dari rumah makan Anda, berilah diskon 50% namun Anda minta agar spanduk rumah makan Anda dipasang di lokasi acara mereka. Atau jika mereka mempublikasikan acaranya melalui media, mintalah agar logo rumah makan Anda terpasang di media publikasi tersebut. Dengan begitu, lebih banyak orang akan mengetahui rumah makan Anda. Jadi, lebih banyak orang tahu, maka kemungkinan orang yang akan berkunjung ke rumah makan Anda akan semakin banyak.


Mudah-mudahan jawaban saya bisa memberi inspirasi buat Pak Rudy dan pembaca Tribun Timur lainnya.


Akhirnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah karena apapun yang terjadi selalu ada jalan keluarnya. Ingat, kita tidak dilahirkan sebagai orang gagal, tetapi sebagai pemenang.

No comments:

Kisah sukses seorang Anak yatim yang membuka 44 cabang nasi rempah di seluruh indonesia

Dilansir dari akun Instagram "faktanyagoogle", baru-baru ini mulai terdengar eksistensi sebuah produk baru yang mengangkat remp...