Tuesday, September 15, 2009

Tanya Andrew #23

Pak Andrew, perkenalkan nama saya Moh. Firdaus. Saya ingin membuka sebuah usaha baru dan akan melakukan perekrutan. Orang-orang tipe apa yang perlu saya miliki untuk bisa menolong saya mengembangkan usaha yang akan saya buka? Bagaimana cara menilai orang tersebut? Mohon saran dari Bapak. Terima kasih.

Moh. Firdaus

Pak Firdaus dan pembaca Tribun Timur yang budiman, untuk membuka sebuah usaha baru memang dibutuhkan orang yang tepat yang bisa memperkenalkan perusahaan kita kepada orang lain. Kita tidak bisa menunggu bola, tetapi harus memburu bola.

Tipe orang yang harus kita miliki khususnya pada saat perusahaan baru akan dibuka adalah sebagai berikut:

Pertama, carilah orang yang extrovert dan bukan introvert. Artinya, orangnya harus ceria, pembawaannya menyenangkan, bisa mencairkan dan menghangatkan suasana karena pekerjaannya tentu haruslah bertemu dengan berbagai macam orang dan calon customer.

Kedua, sebisa mungkin carilah orang yang sudah memiliki jaringan dan kenal dengan banyak decision maker dari berbagai perusahaan karena dengan adanya jaringan tersebut maka perusahaan Anda akan lebih cepat dikenal.

Ketiga, untuk membuka pintu, kita membutuhkan orang-orang kreatif dengan berbagai ide. Kadang memang orang kreatif gagal dalam eksekusi namun mereka kuat dalam berbagai ide. Karena itu, supportlah orang tersebut dengan tim eksekutor dan administrator yang kuat sehingga ide yang diberikan bisa dijalankan dengan baik.

Keempat, salah satu ciri orang yang punya banyak ide adalah memiliki big vision atau visi yang besar. Dia bisa membayangkan apa yang akan dia lakukan dalam kurun waktu jangka pendek, menengah dan panjang. Namun perlu juga diingat bahwa orang-orang semacam ini cenderung tidak bertahan lama di sebuah perusahaan. Biasanya mereka akan ada di perusahaan yang sama selama kurang lebih 2-4 tahun. Karena itu, Anda perlu menyiapkan orang berikutnya sehingga jika suatu hari dia keluar, Anda sudah siap dengan penggantinya.

Kelima, untuk mendapatkan orang semacam ini, kita membutuhkan dukungan data yang kuat, bukan hanya dari CV yang dia masukkan ataupun hasil wawancara, tetapi sedapat mungkin memiliki hasil tes karakter dari orang tersebut karena hasil tes karakter akan menolong kita untuk tahu apakah orang tersebut cocok atau tidak di posisi yang kita inginkan.

Akhirnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah karena apapun yang terjadi, selalu ada jalan keluarnya. Ingat, kita tidak dilahirkan sebagai orang gagal tetapi sebagai pemenang.


No comments:

Kisah sukses seorang Anak yatim yang membuka 44 cabang nasi rempah di seluruh indonesia

Dilansir dari akun Instagram "faktanyagoogle", baru-baru ini mulai terdengar eksistensi sebuah produk baru yang mengangkat remp...