Pak Andrew, bagaimana caranya kalau kita ingin
mencintai pekerjaan kita, agar kesannya betah di tempat kerja? Mohon
sarannya. Terima kasih. Nita
Salam Spektakuler!!!
Ibu Nita dan Pembaca budiman. Berikut ini beberapa tips menarik untuk mencintai pekerjaan Anda.
Bila Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, tentu tidak akan mudah bagi Anda untuk melaksanakan tugas-tugas kantor. Anda akan merasa terbebani dengan tugas yang diberikan sehingga hasil kerja tidak maksimal. Sebaliknya, bila seseorang mengerjakan sesuatu yang disenangi tentu hal itu akan terasa menyenangkan, waktu terasa singkat, dan Anda memiliki semangat untuk mengerjakannya.
Lakukan yang terbaik.
Hindari menunda pekerjaan atau bersikap masa bodoh atas hasil pekerjaan
Anda. Ini dapat membuat Anda merasa stres akibat pekerjaan yang tidak
selesai, semakin menumpuk atau terkena omelan atasan. Jangan melakukan
pekerjaan dengan asal-asalan tetapi berikan lebih dari apa yang
diperintahkan. Tetapkan prioritas pekerjaan agar pekerjaan yang penting
bisa diselesaikan terlebih dahulu. Anda juga dapat memotivasi diri Anda
sendiri untuk memberikan yang terbaik.
Berikan lebih
Bila mendapat tugas, jangan merasa puas karena melakukan apa yang
diharapkan. Nilai plus dari atasan dan kepuasan bisa didapatkan bila
Anda kreatif untuk lebih memperindah pekerjaan Anda. Misalnya, dengan
menambah informasi pendukung ketika ditugasi untuk mengolah suatu data.
Atau bila Anda menyukai teknologi tetapi Anda bekerja di bagian
akunting, Anda dapat mencari terobosan teknologi yang dapat membantu
Anda menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
Walau Anda merasa pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan yang galak, atau rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk melihat hal positifnya. Bandingkan keadaan kita dengan orang lain yang tidak seberuntung kita. Bagaimana orang-orang yang masih belum mendapat pekerjaan, orang-orang yang pekerjaan lebih berat dari kita, atau bagaimana orang yang penghasilannya tidak sebanyak kita. Cobalah mengingat bagaimana saat Anda berusaha mendapatkan pekerjaan Anda sudah jalankan.
Tugas kantor terasa berat mungkin karena Anda belum sepenuhnya
mengerti. Seorang pekerja yang merasa berat saat ditugasi membuat suatu
pekerjaan, bisa jadi karena dia belum sepenuhnya memahami konsep tentang
pekerjaan tersebut. Misalnya seseorang ditugasi membuat laporan di
Excel.
Berikan penghargaan
Bila Anda tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain ketika Anda
berhasil melaksanakan tugas yang diberikan, Anda dapat memberikan
penghargaan untuk diri sendiri. Anda dapat memberi pujian untuk diri
sendiri untuk target yang dicapai atau merayakan keberhasilan Anda.
Tentu saja, hal ini jangan dilakukan secara berlebihan. Hindari sikap
untuk membenci pekerjaan Anda karena ini akan membuat Anda semakin
tertekan, merasa stres dan hasil pekerjaan tidak maksimal. Berusahalah
untuk belajar mencintai pekerjaan Anda untuk hasil pekerjaan yang lebih
baik. Dengan hasil pekerjaan yang baik, pekerjaan tidak menumpuk, Anda
dapat memperoleh kepuasan, pujian dari atasan, promosi jabatan dan bukan
tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih baik lagi.
No comments:
Post a Comment